Tentang Kami

Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha Universitas Indonesia dibentuk berdasarkan Keputusan Rektor UI Nomor.2540/SK/R/UI/2016 tentang Struktur Inti Organisasi Universitas Indonesia 2016 – 2019, dimana bertanggungjawab kepada Wakil Rektor Bidang SDM, Pengembangan dan Kerjasama. Direktorat ini lahir karena adanya kebutuhan untuk mengumpulkan informasi, melakukan koordinasi, menyusun aturan (regulasi), serta memfasilitasi berbagai kegiatan unit-unit usaha Universitas Indonesia yang semakin berkembang, baik jumlah maupun jenis kegiatannya. 

Unit usaha Universitas Indonesia terdiri dari: (1) Unit Kerja Khusus Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (UKKPPM) dan (2) Unit Kerja Khusus Usaha Komersial (UKKUK) yang tersebar di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas/sekolah/program pendidikan vokasi di lingkungan UI. Unit-unit usaha ini memiliki peran penting dan strategis bagi UI. Selain menjadi wadah pengembangan & penerapan ilmu pengetahuan, mereka juga memberikan dampak yang besar bagi beragam pemangku kepentingan (pemerintah, dunia usaha, masyarakat) melalui kegiatan Tridharmanya. Dan tak lupa, unit-unit usaha ini juga berkontribusi positif terhadap pendapatan Universitas secara keseluruhan.

DPPU Membawahi Sub Direktorat

TUGAS POKOK & FUNGSI

Tugas Pokok

Menyusun, melaksanakan dan mengkoordinasikan penyiapan, pengelolaan dan pengembangan unit unit usaha di lingkungan Universitas Indonesia.

Fungsi

STRUKTUR
  • UKK : Unit Kerja Khusus
  • PPM : Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat
  • UK : Usaha Komersial
PIMPINAN DPPU

T.M. Zakir Sjakur Machmud, M.Ec., Ph.D.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit Usaha

Ringoringo H Achmadi, S.E., M.Sc.

Kasubdit UKK PPM

Ardiansyah, S.T., M.Eng., Ph.D.

Kasubdit UKK Usaha Komersial

Resi Silaturrahmi, S.E., Ak.

Kasubdit Pengembangan Bisnis

Nurlita Herliana, S.K.M.

Sekretaris

Febri Haerudin

Sekretariat

Relita Ambarwati, S.AB.

Staff UKK PPM

Najah Widadil Yumna, S.Ak.

Staff UKK UK

Nastiti Dwita, S.I.A.

Staff Pengembangan Bisnis