RUMAH SAKIT UNIVERSITAS INDONESIA

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)

Tentang Kami

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) merupakan rumah sakit tipe B dan RS Perguruan Tinggi Negeri  (RS-PTN) di bawah Universitas Indonesia, kami melayani pasien umum, pasien jaminan BPJS Kesehatan dengan  sistem rujukan berjenjang, BPJS Ketenagakerjaan, serta berbagai asuransi dan jaminan perusahaan (bit.ly/asuransiRSUI). RSUI memiliki berbagai layanan spesialistik dan subspesialistik dengan tenaga kompeten di  bidangnya. Selain itu, RSUI menyediakan layanan diagnostik sampai operasi terbuka maupun minimal invasif  (minim atau tanpa sayatan) dengan alat endoskopi maupun laparoskopi.

RSUI merupakan RS-PTN pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun fisik dengan konsep hijau (Green Hospital Concept) yang ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien. Berbeda dengan rumah sakit lain, fitur keselamatan pasien dan kenyamanan bagi semua  orang yang beraktivitas di dalam bangunan dengan kapasitas 300 tempat tidur ini sudah lebih terencana,  termasuk di dalamnya antara lain:

  • Bangunan utama rumah sakit yang memiliki bantalan anti gempa untuk menahan guncangan dengan aman hingga 9.0 Skala Richter.
  • Setiap lantai memiliki kompartemen tahan api dan bebas asap sebagai area aman tempat berkumpul  untuk memudahkan evaluasi pada musibah kebakaran.
  • Ruang rawat inap dirancang dan ditata agar dapat memperoleh sinar ultra violet matahari sebanyak-  banyaknya sebagai program pengendalian infeksi rumah sakit.
  • Bangunan untuk mesin generator listrik dan mesin penghembus udara sejuk terpisah dari bangunan,  sehingga pasien dan seluruh staf pemberi layanan di RSUI dapat bekerja produktif, bebas dari getaran  dan kebisingan.

RSUI berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan paripurna dan holistik bagi individu, keluarga, maupun kesehatan pekerja. RSUI membuka kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam memberikan layanan kesehatan maupun dalam mengembangkan berbagai penelitian di bidang kedokteran  dan kesehatan.

Jenis Layanan

Klien

Pimpinan Lembaga

Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH

Direktur Utama

dr. M. Arza Putra, Sp.BTKV Subsp.JD(K)

Direktur Pelayanan Medik & Keperawatan

dr. Hermawan, Sp.JP(K), FIHA

Direktur Umum & Operasional

Wibowo, SE.,Ak

Direktur Administrasi & Keuangan

Informasi Kontak