FAKULTAS ILMU MATEMATIKA &
ILMU PENGETAHUAN ALAM

Menu Layanan LMK

Lembaga Sains Terapan
(LST)

Sumber daya manusia yang unggul menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki untuk mendukung kegiatan pembangunan saat ini. Universitas Indonesia, sebagai perguruan tinggi tentu mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul, yaitu sebagai penghasil agen-agen perubahan (change agent) yang mampu merancang, mendorong dan mempelopori perubahan.

Perguruan tinggi bukan hanya sekedar tempat untuk pengajaran atau kuliah, tetapi juga dituntut dapat menciptakan gagasan-gagasan baru melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.

Universitas Indonesia (UI), dimana Fakultas Matematika dan limu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjadi bagiannya, merupakan kampus modern, komprehensif terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas yang secara simultan selalu berusaha untuk menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan.

Dalam rangka mendukung Universitas Indonesia dalam rangka mencapai visi dan misinya Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam mendirikan Lembaga Sains Terapan (LST). Lembaga ini fokus pada kegiatan jasa konsultansi, pelatihan, uji laboratorium dan sertifikasi untuk mendukung kegiatan industri dan pembangunan yang semakin komplek tantangannya. Lembaga Sains Terapan (LST) diharapkan mampu berperan sebagai wadah:

  1. Kolaborasi “triple helix” antara periset FMIPA UI — Pemerintah — Industri dalam proses perancangan bersama (co-designing) dan penemuan bersama (co-inventing) untuk menghasilkan agenda riset dan teknologi unggul (cutting edge technology).
  2. Peningkatan kapasitas para sivitas akademi FMIPA UI melalui pelaksanaan jasa konsultansi, pelatihan, uji laboratorium dan sertifikasi.
  3. Penciptaan inovasi sains untuk memberikan solusi strategis dalam menjawab tantangan pencapaian cita-cita pembangunan berkelanjutan di masa depan.

Jenis Layanan

Klien

Pimpinan Lembaga

Prof. Jatna Supriatna, Msc

Kepala

Eko Waludi, ST., M.Si

Wakil Kepala

Informasi Kontak

#bangunan #ujibangunan #menara